Masakan enak khas sunda Jawa barat wajib di coba mudah bisa buat sendiri di rumah

Para pecinta Masakan enak khas Sunda Jawa Barat pasti sudah tidak asing lagi dengan beberapa masakan. Kuliner khas sunda ini dapat sobat wortel jumpai warung-wawrung kecil ditepi jalan dan rumah makan sunda, bahkan bisa anda buat sendiri dirumah, sangat mudah lohh.

Masakan kreasi masyarakat Sunda terutama di wilayah Jawa Barat Ini adalah salah salah satu makanan yang paling populer di Indonesia. Rasanya yang segar dan ringan, menjadi primadona ibu-ibu dirumah sebagai inspirasi masakan setiap harinya karena mudah dibuat. Masakan enak khas Sunda ini mempunyai ciri kesegaran bahannya, lalap terkenal dimakan dengan sambal dan juga karedok, kesukaan orang Sunda terhadap sayuran mentah segar. Lain lagi dengan Masakan Aceh, Masakan Minangkabau yang kaya rasa dan pedas dengan kandungan santan kental dan bumbu kari yang gurih.

Masakan enak khas Sunda menyuguhkan cita rasa yang ringan, sederhana, dan berkolaborasi antara rasa gurih asin, asam segar, manis ringan, dan pedas. Selain itu juga budaya masyarakat Sunda yaitu Ngeliwet sering dilakukan dalam beberapa momen acara santai, dengan cara penyajian yang mudah yaitu nasi liwet dan aneka lauk seperti ayam goreng, pepes tahu, ikan teri/ikan asin, oncom, tempe dan tahu, tumis kangkung, sayur asem, dan juga kerupuk, sambal dan lalapan yang tidak terlupakan. Nasi dan lauk menjadi satu dalam hamparan daun pisang dimakan bersama-sama keluarga maupun teman-teman memberikan kehangatan dan keakraban.

12 Masakan enak khas Sunda Jawa Barat:

1. Masakan enak khas Sunda ikan asin bulu ayam, teri, dan cumi asin juga ikan gabus

Salah satu masakan enak yang berasal dari laut ini menjadi masakan khas Sunda Jawa barat dan primadona banyak orang ditambah dengan guyuran sayur asem serta sambal terasi yang tidak boleh terlewatkan ya gaes ya. Enak Poll!

baca juga ➡ Fakta Jawa Barat tempat wisata menarik dan kuliner enak cocok untuk berlibur di akhir pekan

2. Masakan enak khas Sunda Bakakak hayam atau ayam panggang panggang

Bakakak Hayam merupakan sajian ayam khas Sunda, berupa ayam utuh yang dimasak bersama bumbu-bumbu tradisional khas sunda yang meresap lalu dibakar. Bekakak Hayam ini dihidangkan pada acara adat atau istimewa seperti pernikahan, sunatan, dan acara lainnya. Enak banget gaes!

baca juga ➡ Fakta menarik Jawa Timur, tempat wisata dan kuliner enak

3. Masakan enak khas Sunda Empal gepuk, daging sapi goreng bercitarasa manis tekstur empuk

Empal Gepuk masakan sunda yang banyak disukai karena rasa yang enak dan tekstur daging nya yang lembut dengan pengolahan yang baik. Empal Gepuk sangat nikmat jika disajikan bersama nasi hangat yang beralaskan daun pisang dan lalapan. Sedap mantap!

baca juga ➡ Makanan khas Banyuwangi terkenal enak recommended 2023

4. Masakan enak khas Sunda Soto Bandung, soto daging sapi dan lobak

Soto Bandung masakan enak sederhana khas Sunda memberikan rasa lezat dari gurihnya kuah soto yang dipadukan bersama rebusan daging sapi dan lobak. Sambal rawit serta, air jeruk limau diaduk rata membuat rasa dari Soto Bandung semakin luar biasa segar, pedas dan asam. Anda dapat menyantap soto Bandung bersama nasi serta kerupuk emping.

baca juga ➡ Tempat wisata Instagramable di Banyuwangi, cocok untuk membuat konten menarik

5. Masakan enak khas Sunda Mie Glosor, mie khas Bogor dengan tekstur lebih bulat

Mungkin Sebagian orang belum mengenal masakan satu ini. Yup Mie Glosor masakan enak khas Sunda lainnya. Dinamai Glosor karena bentuk mie yang lembut dan terasa mengalir lancar di tenggorokan saat dimakan. Terbuat dari tepung singkong atau aci yang dipadu dengan kunyit memberikan warna kuning cerah dan teksturnya yang licin. Rasanya sangat lezat apa lagi disantap dengan sambal kacang. Uniknya mie ini hanya ditemukan selama Ramadan saja loh sobat Mevrouw.

baca juga ➡ Wisata Sumatera Barat populer terbaru 2023

6. Masakan khas Sunda Sate maranggi, sate kambing atau domba dengan bumbu kecombrang khas Sunda

Sate Maranggi yang berasal dari Purwakarta, Jawa Barat sangat populer dengan ciri khas yang dimiliki. Daging domba atau sapi lalu direndam dengan campuran kecap manis  bersama rempah-rempah, dengan sedikit cuka untuk memberikan rasa asam. Proses merinasi atau perendaman itulah, cara penyajian Sate Maranggi tidak perlu saus kacang lagi. Karena bumbu sudah meresap ke dalam daging. Selain itu, proses perendaman ini lah yang membedakan sate maranggi dengan sate lainnya. Sate maranggi disajikan dalam kecap manis dan acar, irisan bawang merah, tomat potong serta lontong atau nasi putih selera anda, santapan pas untuk makan siang nanti.

baca juga Tips Perjalanan Wisata Seru ke Banyuwangi: Destinasi Hits dan Low Budget 2022

7. Gulai kambing, gulai daging kambing bumbu Sunda

Gulai kambing yang sering kita ketahui berasal dari Minangkabau dan terdapat beberapa versi di setiap wilayah Indonesia seperti versi jawa tengah atau lebih familiar disebut gule kambing. Sajian ini berkuah kuning yang encer tapi tetap gurih dengan bumbu yang melimpah. Mungkin banyak yang belum mengetahui bahwa masakan dengan bahan dasar daging Kambing atau sapi ini terdapat versi cita rasa bumbu sunda loh. Membedakan Gulai Kambing Minangkabau dengan Gule Kambing Sunda, yaitu terletak pada penggunaan bumbu yang lebih sedikit dari pada Minangkabau sehingga tekstur dari kuah nya lebih encer, itu sebab nya disebut Gule Kambing bumbu Sunda. Gule bumbu Sunda semakin nikmat dengan tambahan gerusan cabe rawit utuh dipiring andaa. Mantap Joss!

baca juga ➡ 15 Destinasi wisata pantai indah di Banyuwangi hits dan terbaru, cocok untuk self healing

8. Empal gentong, daging dan jeroan kambing dari Cirebon

Empal Gentong merupakan masakan enak khas sunda yang berasal dari Cirebon Jawa Barat. Terbuat dari paduan daging dan jeroan sapi dengan guyuran kuah santan bumbu kuning yang kurih dan nikmat. Empal Gentong bisa anda temui di rumah makan Sunda atau ingin mencoba membuat sajian ini dirumah sebagai santapan makan malam bersama keluarga.

9. Makanan khas Sunda Laksa Bogor

Laksa Bogor salah satu jajanan khas kota hujan Bogor yang populer dan banyak diminati dari berbagai kalangan. Laksa Bogor memiliki rasa yang enak dengan pepaduan cita rasa kuah santan dari ayam dan udang serta bumbu kuning yang pekat dan panas. Jika anda berwisata di kota Bogor, cobalah untuk mencicipi Laksa Bogor ini biasanya banyak dijual dipinggiran atau pasar tradisional di kota Bogor.

10. Doclang, ketupat, tahu dan telur rebus dengan siraman bumbu kacang dari Bogor

Doclang yaitu masakan enak khas Sunda lainnya yang berasal dari Bogor mempunyai racikan bumbu yang istimewa sejak era 60-an. Santapan ini sangat cocok untuk sarapan di pagi hari, sekilah mirip kupat tahu, tetapi Doclang Bogor berbeda loh sobat mevrouw. Doclang terbuat dari campuran tahu goreng, telur, kentang rebus, dan lontong nasi (pesor) dibungkus menggunakan daun patat, kenapa? Daun Patat dapat memberikan tambahan aroma wangi yg berbeda. Selanjutnya diguyur dengan saus kacang yang telah dibumbui. Anda juga bisa menambah menu pelengkap seperti taoge, selada dan kerupuk sebelum disajikan.

11. Asinan, sayuran atau buah yang diawetkan dengan cara diasinkan atau diacar

Eropa mempunyai hidangan penutup yaitu salad yang berbahan dasar sayuran atau buah yang di campur dengan mayones. Jika di Indonesia hidangan penutup dengan bahan dasar sama yaitu Asinan tetapi yang membedakan adalah sayuran dan buah disiram dengan kuah pedas asam atau bumbu kacang, segar Joss! Terdapat 2 varian Asinan yaitu versi Bogor dengan kuah pedas asam dan versi Betawi dengan siraman bumbu kacang. Masakan ini wajib dicoba dan pastinya wenak dan murah.

12. Geco, toge rebus, mie dan ketupat di siram kuah bumbu tauco Cianjur

Sobat Mevrouw wortel yang sedang berwisata ke kota santri Cianjur Jawa Barat, anda wajib mencicipi masakan satu ini Geco atau tauge tauco. Geco terbuat dari campuran tauge disiram kuah tauco yang telah di campur berbagai rempah. Perbedaan Geco dari kupat tahu biasanya adalah menggunakan bahan fermentasi yaitu tauco dan cuka lahang (yang merupakan hasil fermentasi air nira). Memberikan cita rasa yang berbeda gurih sedikit manis dan asam segar dari bumbu fermentasi, pastinya buat lidah kamu bergoyang.

Itu dia 12 Masakan enak khas Sunda yang wajib anda cicipi ketika berpelesir di ke berbagai wilayah di Jawa Barat Indonesia. Stay tune dan subscribe laman mevrouw wortel. Jika ada kritik saran maupun pengalaman kamu yang menarik bisa share komen di bawah yaa, agar mevrouw wortel terus memperbaiki kualitas dan rajin bikin konten untuk kamuuu. Terima kasih

1 thought on “Masakan enak khas sunda Jawa barat wajib di coba mudah bisa buat sendiri di rumah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *