Wisata Sumatera Barat populer terbaru 2023

Indonesia memang kaya akan wisata yang mengandung unsur budaya dan sejarah, hal itu terbukti dari salah satu wisata yang ada di Sumatera Barat. Provinsi yang satu ini cukup populer dengan beragam destinasi wisata yang menarik. Beberapa tempat di Provinsi Sumatera Barat bahkan terkenal ke berbagai Negara dan sering dijadikan destinasi liburan ketika akhir pekan. Dalam artikel ini akan diulas beberapa lokasi wisata yang cukup populer dan hits berada di Provinsi Sumater Barat bisa dijadikan refrensi liburan bersama keluarga ataupun orang tersayang. Berikut ini beberapa destinasi wisata yang dimaksud.

10 Wisata Sumatera Barat populer terbaru 2023

1. Wisata Pantai Carocok Painan Sumatera Barat

Pantai ini merupakan wisata populer di Sumatera Barat. Bahkan wisata tersebut memiliki daya tarik tersendiri akan keindahan alamnya yaitu bisa dijadikan tempat untuk snorkeling. Selain itu, aktivitas lainnya yang cukup menarik juga bisa dinikmati. Selain itu, tempat tersebut juga begitu strategis lantaran hanya berjarak kurang lebih sekitar 10 menit dari arah pusat Kota Painan.

Para wisatawan bisa memulai perjalanan dari arah Kota Padang dan menempuh perjalanan kurang lebih sekitar 2 jam. Apabila menuju lokasi tidak memakai kendaraan pribadi, tenang saja di kawasan tersebut sudah tersedia jasa rental mobil Kota Padang.

2. Wisata Jam Gadang Bukit Tinggi Sumatera Barat

Tempat wisata yang satu ini sangat terkenal di Sumatera Barat. Salah satu spot yang cukup menarik dank has yaitu adalah menara jam dengan ukuran besar yang terdapat di empat sisinya. Di sekitar menara juga terdapat taman-taman yang indah untuk dijadikan tempat bersantai para wisatawan.

Baca juga

Tempat yang satu ini tidak hanya berhasil menarik perhatian masyarakat setempat akan tetapi juga wisatawan dari luar kota berdatangan. Uniknya lagi, menara jam dengan diameter 80 cm tersebut ternyata berasal dari Rotterdam, belanda. Jam tersebut juga hanya ada 2 unit saja di dunia dan bergerak dengan bantuan mesin khusus.

3. Wisata Masjid Raya Sumatera Barat

Masjid raya atau Mahligai Minang merupakan salah satu masjid terbesar yang ada di Indonesia. Tidak hanya itu, masjid yang satu ini juga memiliki sejarah dan dibangun dengan gaya arsitektur yang cukup unik yaitu dirancang langsung oleh Rizal Muslimin.

Arsitektur dalam membangun masjid tersebut begitu kental dengan adat Minangkabau lengkap dengan sebuah goresan kaligrafi pada bagian sisi luarnya. Luas bangunan tersebut mencapai kurang lebih sekitar 18.000 meter persegi. Selain itu, masjid ini juga dijadikan sebagai tempat beribadah, namun beberapa orang juga seringkali berdatangan untuk dijadikan wisata religi.

4. Wisata Mandeh Sumatera Barat

Wisata lainnya di Sumatera Barat adalah Mandeh yang berada di nagari Kecamatan Koto XI Tarusan, Pesisir Selatan, Sumatra Barat. Kawasan Wisata Mandeh melingkupi 7 kampung di 3 nagari, objek wisata kawasan Mandeh (Mandeh Resort) sudah dikenal baik tingkat nasional maupun Internasional. Lokasi ini disebut sebagai Mandeh Resort karena salah satu kampung yang ada di kawasan ini bernama Kampung Mandeh, yang terkenal di bagian tengah Teluk Carocok Tarusan yang memiliki pulau-pulau kecil yang cantik dan menakjubkan cocok sekali sebagai destinasi hits untuk membuat konten atau hanya menikmati indahnya alam wisata Mandeh.

Akses masuk Kawasan Mandeh dapat ditempuh melalui laut dan jalan darat. Jika anda ingin melalu jalur laut, dapat menggunakan kapal atau boat, datanglah ke Pelabuhan Bungus, Gaung, Teluk Bayur atau dari Pelabuhan Muara Padang serta Teluk Tarusan. Sedangkan jika anda ingin melalui jalan darat, terdapat tiga alternatif. terdapat tiga ruas jalan yang berbeda. Rute pertama anda bisa mengambil arah ke Pasar Tarusan melalui Simpang Carocok, dan Rute kedua anda bisa mengambil arah ke Bungus terus ke Sungai Pinang dan Sungai Nyalo. Rute ketiga anda bisa mengambil arah jalan terbaru melewati Carocok, terus menyusuri kawasan pantai dan perbukitan yang landai sepanjang 12,5 km.

5. Desa Wisata Aua Sarumpun

Wisata Puncak aua Sarumpun menjadi salah satu destinasi wisata alam hits yang ada di kabupaten tanah datar. Wisata puncak aua sarumpun memiliki keunikan yaitu anda bisa menikmati pesona alam dari sudut manapun. Ditambah keindahan Danau Singkarak dan 4 gunung yang tersebar yaitu gunung Singgalang, gunung Talang, gunung Sago, dan Gunung Merapi. Tempat wisata Aua Sarumpun termasuk kawasan wisata geopark tanah datar, serta ikan bilih yang merupakan ikan endemik Danau Singkarak yang dilindungi.

Baca juga

Hembusan angin yang segar dan sejuk meniup ilalang berwarna kekuningan yang tumbuh disekitar Wisata Puncak Aua Sarumpun, panorama ditempat ini membuat siapapun terpanah. Menikmati Pemandangan Puncak ini anda bisa menginap disebuah homestay sekitar Wisata Aua Sarumpun dengan tarif yang relatif murah, bahkan diantaranya terdapat fasilitas penunjang yaitu kolam renang serta sensasi yang menantang adrenalin yaitu fly fox. Kuliner ditempat ini juga tidak ketinggalan lohh, saat ini banyak UMKM setempat yang menjual aneka produk kuliner enak khas Minang lohh sobat wortel.

6. Wisata Air Terjun Lembah Anai Sumatera Barat

Air Terjun Lembah Anai terletak di Kabupaten Tanah Datar, Sumatra Barat, mempunyai ketinggian sekitar 35 meter. Keunikan air terjun ini yaitu berada tepat di tepi Jalan Raya Padang-Bukittinggi di kaki Gunung Singgalang lohh sobat wortel, unik dan cantik yaa. Air Terjun Lembah Anai juga bagian dari aliran Sungai Batang Lurah dan anak Sungai Batang Anai yang berhulu di Gunung Singgalang loh sobat wortel pastinya tempat ini sangat luar biasa.

Air terjun Lembah Anai terletak di batas barat kawasan Cagar Alam Lembah Anai sehingga suasana masih alami dengan panorama hutan lebat disertai pepohonan rimbun yang tinggi. Sekitar air terjun terdapat monyet yang berkeliaran, Nah perlu berhati-hati barang bawaan anda yaa sobat wortel, jika lengah mereka akan menjaili anda hehe. Pada saat musim liburan, air terjun Lembah Anai dipadati oleh ratusan pengunjung untuk menikmati keindahan yang merupakan salah satu ikon pariwisata Provinsi Sumatra Barat.

7. Taman Margasatwa dan Budaya Kinantan

Taman yang satu ini merupakan salah satu marga satwa tertua yang ada di Indonesia. Meski demikian, tempat tersebut tidak hanya sekedar ada kebun binatang. Pengunjung juga akan menemukan sebuah bangunan Rumah Adat Baanjuang atau Rumah Gadang yang merupakan salah satu sebutan dari rumah adat Minangkabau. Beberapa orang juga seringkali menyebut rumah tersebut sebagai rumah tradisional.

Menariknya selain mengenal bagaimana bangunan rumah adat Minangkabau. Pengunjung akan menemukan beberapa koleksi barang yang begitu bersejarah di dalam rumah tersebut. Barang yang dimaksud sepertihalnya perhiasan dan bahkan alat kesenian khas Minangkabau. Selain itu yang menjadi khas dari Taman Margasatwa adalah area kebun binatang yang ternyata terhubungan dengan area Benteng Fort De Kock dibantu dengan adanya jembatan.

8. Istano Rajo Basa Pagaruyung

Tempat yang satu ini merupakan salah satu wisata bersejarah yang ada di Sumatera Barat. Dulunya lokasi tersebut merupakan salah satu istana para kerajaan Pagaruyung. Kerajaan ini berdiri sejak tahun 1347 tepatnya di bawah kepemimpinan seorang Raja Adityawarman. Kerajaan tersebut menganut sebuah agama Budha dan akhirnya mengalami peralihan agama kerjaan hingga menjadi Islam pada tahun 1409.

Namun sayang sekali, istana tersebut kini sudah hancur akibat terjadinya sunami kebakaran tepat pada tahun 1976. Menariknya, bangunan istana ini memiliki sebuah arsitektus khas Rumah Gadang. Pada bangunan tersebut pengunjung juga akan mengetahui bahwa terdapat tiga lantai yang terdiri dari atas 72 tonggak dan 11 gonjong atau bagian lancip pada bagian atap.

9. Lobang Jepang Sumatera Barat

Apa anda sebelumnya sudah pernah berkunjung ke wisata Lobang Jepang? Wisata tersebut merupakan salah satu objek wisata yang ada di daerah Bukittinggi tepatnya berada di kawasan Taman Panorama. Lubang tersebut menyerupai gua yang konon merupakan sebuah peninggalan dari zaman penjajahan Jepang. Tentu saja tempat ini cukup populer bagi para wisatawan local dan wisatawan mancanegara.

Lokasi tempat ini cukup strategis yaitu sekitar 15 menit dari arah Jam Gadang Bukittinggi. Sejarah dari lokasi tersebut konon Letjen Moritake Tanabe seorang Panglima Divisi ke-25 Angkatan Darat Bala Tentara Jepang kini mengeluarkan sebuah intruksi untuk membuat lubang tersebut dengan tujuan untuk dijadikan sebagai tempat perlindungan bagi para tentara Jepang. Tidak hanya itu, lubang ini juga bertujuan untuk dijadikan tempat penyimpanan sebuah senjata.

10. Wisata Sumatera Barat Soul Puncak Lawang

Apabila anda berniat liburan ke daerah Kabupaten Agam Sumatera Barat, jangan lupa mampir ke sebuah wisata yang bernama Soul Puncak Lawang. Di tempat tersebut anda akan menemukan beragam wisata alam dengan memiliki wahana yang menarik. Tempat tersebut juga akan dipenuhi hamparan pohon pinus yang rindang sehingga membuat udara begitu sejuk cocok untuk dijadikan tempat pelepas penat. Tidak jarang, para wisatawan berdatangan bersama dengan keluarga tercinta untuk menjadikan wisata tersebut sebagai tempat untuk gathering.

1 thought on “Wisata Sumatera Barat populer terbaru 2023

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *