Makanan khas Banyuwangi terkenal enak recommended 2023

Banyuwangi kota dengan julukan the sunrise of java yang tidak ada habisnya menyuguhkan keindahan alam yang dimiliki. Pegunungan, pantai, hutan, sungai, danau, air terjun dan masih banyak lagi. Selain destinasi wisata yang beragam dan indah, banyuwangi juga mempunyai segudang makanan khas Banyuwangi lezat dan unik, wajib dicoba ketika anda berlibur ke Banyuwangi.

Berikut 7 makanan khas dari Banyuwangi

1. Makanan khas Banyuwangi: Pecel Pitik

pecel pitik masakan khas Banyuwangi terkenal enak - mevrouw wortel
foto instagram by @warungmboksul

Pecel Pitik salah satu makanan khas dari Banyuwangi yang menjadi suguhan wajib dalam seluruh kegiatan upacara adat suku Using Banyuwangi. Pecel disini bukan seperti pada umumnya yang terbuat dari bumbu kacang. Berbahan utama ayam kampung muda yang dipanggang secara utuh, lalu disuwir-suwir Bersama parutan kelapa berbumbu hingga berbentuk seperti urap. Bagi pecinta pedas makanan ini sangat cocok untuk disantap, anda bisa temui kuliner pecel pitik ini dibeberapa rumah makan di Banyuwangi. Harga makanan Pecel Pitik ini dibandrol mulai dari Rp 20.000 anda bisa menikmati makanan ini untuk santapan pagi hari ataupun siang hari. Murah, dan mengenyangkan.

2. Makanan khas Banyuwangi: Uyah Asem Pitik

uyah asem pitik masakan khas Banyuwangi terkenal enak - mevrouw wortel
foto instagram by @nae_setyani

Selain Pecel Pitik makanan yang berbahan dasar ayam, ada juga yaitu Uyah Asem Pitik dengan cita rasa kuah asam pedas gurih, pastinya sangat menyegarkan. Asam ini didapat dari belimbing wuluh yang dicampurkan dalam masakan ini serta terdapat aroma segar dari daun jeruk. Uyah Asem Pitik cocok sekali disantap dalam keadaan hangat bersama nasi. Makanan ini banyak tersedia di berbagai restoran, rumah makan khas Banyuwangi dengan harga yang beragam mulai dari Rp 25.000. jadikan makanan ini sebagai list kuliner anda saat berkunjung ke Banyuwangi.

3. Makanan khas Banyuwangi: Rujak Soto

rujak soto masakan khas Banyuwangi terkenal enak - mevrouw wortel
foto instagram by @deargadis

Rujak Soto khas dari Banyuwangi kuliner tradisional yang unik dan mungkin sedikit sulit dibayangkan bentuk dan rasanya bagi anda yang belum pernah menjumpai makanan ini sebelumnya. Rujak soto khas dari Banyuwangi ini adalah paduan rujak dengan sambal pedas dan soto daging menciptakan rasa gurih, pedas dan manis. Anda bisa dapatkan beberapa versi rujak soto dibeberapa kedai seperti campuran jeroan, kuah soto berwarna kehitaman, hingga campuran daging ayam dan sapi. Campuran tersebut tidak membuat rasanya berbeda, namun enak dan unik, Keunikan makanan ini banyak diburu para pecinta kuliner tradisional. Harga makanan ini mulai dari Rp 15.000 sampai 20.000 sangat terjangkau dan rasanya yg enak. Jadikan rujak soto pada list kuliner anda ketika berkunjung di Banyuwangi.

baca juga 👉 Tips Perjalanan Wisata Seru ke Banyuwangi: Destinasi Hits dan Low Budget 2022

4. Makanan khas Banyuwangi: Sego Tempong

sego tempong masakan khas Banyuwangi terkenal enak - mevrouw wortel
foto instagram by @yukbanyuwangi

Sego Tempong, atau Nasi Tempong makanan khas dari Banyuwangi yang patut dicoba ketika anda berkunjung ke Banyuwangi selain porsi lauk yang banyak terdapat sambal mentah segar yang bakal menggoyang lidah para pecinta pedas. Tetapi jangan khawatir jika anda tidak menyukai rasa pedas, bisa request untuk tidak dimasukan sambal didalamnya. Lauk yang tersedia cukup banyak mulai dari isian ikan asin, lele, pepes, ayam, tahu, tempe goreng, bothok, empal bakar, lalapan dan lainnya serta beberapa sambal khas sego tempong bikin selera makan anda meningkat! Jika anda belum bisa berkunjung ke Banyuwangi, makanan sego tempong ini dapat dijumpai di berbagai tempat ibu kota Jakarta yang menjual kuliner ini. . Harga makanan ini mulai dari Rp 12.000 rupiah tergantung lauk yang anda tambah. Ayooo cicipi sego tempong khas Banyuwangi diakhir pekan bersama teman-teman.

5. Makanan khas Banyuwangi: Sego Cawuk

sego cawuk masakan khas Banyuwangi terkenal enak - mevrouw wortel
foto instagram by @citilink

Makanan khas dari Banyuwangi lainnya adalah Sego Cawuk, perpaduan antara nasi dan kuah yang ditambahkan parutan kelapa. Ke Khasan kuliner ini terletak pada kuahnya yang dibuat dengan bumbu-bumbu pilihan, biasanya Sego Cawuk ditambahkan dengan lauk seperti variasi daging dendeng, ayam goreng, telur, perkedel jagung dan variasi ikan seperti pepes, ikan teri, ikan tuna balado, pindang gendam yang rasanya manis. Selain itu tersedia kuah trancam yang dibuat dari campuran kelapa parut dan jagung bakar serut. Kerupuk dan macam-macam sambal yang tersedia tentu saja tidak boleh dilewatkan yang dapat melengkapi kenikmatan rasa gurih makanan Sego Cawuk. Harga makanan ini mulai dari Rp 12.000 rupiah tergantung lauk yang anda tambah sama seperti makanan Sego Tempong. Makanan jenis ini tergolong murah dengan banyak nya porsi yang didapat.

6. Pindang Koyong

pindang koyong
foto instagram by @tecoindo

Pindang koyong adalah salah satu makanan khas dari Banyuwangi, berbahan dasar ikan laut bisa menggunakan ikan tenggiri, tongkol dan tuna dengan cita rasa yang pedas, asam, dan gurih. Tidak hanya itu, terdapat belimbing wuluh didalamnya yang akan memberikan sensasi segar ketika menyantapnya. Pindang koyong ini cocok sekali dijadikan sebagai santapan makan siang Bersama nasi dan tambahan kerupuk yang akan meningkatkan napsu makan anda. Makanan khas dari Banyuwangi ini sangat lah murah mulai dari Rp 10.000 rupiah anda bisa makan kenyang dengan Pindang Koyong khas dari Banyuwangi ini.

7. Botok Tawon

botok tawon masakan khas Banyuwangi terkenal enak - mevrouw wortel
foto twitter by @cookpad

Selain makanan yang berbahan dasar ikan dan sayur, Banyuwangi mempunyai berbagai makanan lainnya yang cukup unik, salah satunya yaitu Botok Tawon. Botok Tawon ini berbahan dasar rumah tawon atau dikenal sarang lebah dan sedikit telur anak lebah yang masih menempel diolah dengan cara yang khusus sehingga menjadi makanan khas unik dan pastinya enak. Meskipun sedikit extreme namun cita rasa yang disajikan ketika kamu mencicipi Botok Tawon ini sangatlah lezat dengan perpaduan rasa manis, gurih dan sedikit pedas. Harga dari kuliner yang satu ini sekitar Rp 20.000 dan anda bisa menambahkan beberapa lauk pendamping untuk menambah lezatnya makanan botok tawon.

Masakan khas Banyuwangi menarik, lezat dan cukup terjangkau, bukan? anda bisa mendapat harga murah jika pandai nego atau menawar. Selesai makan kamu bisa menghabiskan waktu atau melanjutkan perjalanan menuju destinasi menarik di Banyuwangi atau berburu oleh-oleh khas Banyuwangi di toko-toko souvenir. Terima kasih sudah membaca artikel Mevrouw wortel 🥰😊

Mevrouwwortel

Hai Mevrouw Wortel hadir memberikan informasi menarik tentang destinasi wisata, tips perjalanan, dan informasi menarik lainnya

1 thought on “Makanan khas Banyuwangi terkenal enak recommended 2023

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *