Tips Perjalanan Wisata Seru ke Banyuwangi: Destinasi Hits dan Low Budget 2022

Tips wisata Banyuwangi-Apakah anda pernah terpikir berapa harga yang harus dikeluarkan untuk perjalanan berangkat dan kembali pulang dari suatu tempat wisata? Tentu jika anda tidak memiliki perhitungan yang matang, perjalanan akan terasa mahal dan membuat anda kapok, bahkan anda akan pikir dua kali untuk memulai suatu perjalanan lagi. Nikmati hidup anda dengan berwisata diberbagai tempat menarik di Indonesia, karena ketika anda sudah mulai tua tentu itu akan sulit dilakukan. Mevrouw Wortel akan berbagi tips perjalanan wisata seru di Banyuwangi yang bisa menjadi referensi anda.

Masyarakat yang hidup di hiruk pikuk perkotaan, terkadang merasakan stres yang dikarenakan oleh padat nya pekerjaan ditambah kemacetan yang setiap hari ditemui. Liburan salah satu hal terbaik untuk menghilangkan stress setelah padatnya pekerjaan di kota ataupun jenuh nya suasana diperkotaan dengan gedung-gedung tingga serta polusi yang kian hari semakin menumpuk. Namun, terkadang pergi liburan pun bisa jadi penuh pertimbangan. Entah karena habisnya jatah cuti, libur weekend yang hanya dua hari, budget yang harus dikeluarkan untuk berwisata, hingga rasa malas kita akan kemacetan yang mungkin kita temui dijalan menuju tempat wisata. Menyikapi hambatan tersebut, sebenarnya ada banyak hal yang dapat kita lakukan untuk berwisata tanpa harus pusing memikirkan hal-hal tersebut dan berakhir dengan pembatalan perjalanan.

10 Tips Perjalanan Wisata Seru ke Banyuwangi Destinasi seru dan Low Budget

Berbagai destinasi menarik di Indonesia yang bisa anda kunjungi, salah satu nya destinasi wisata di daerah Banyuwangi yang terkenal sebagai The Sunrise of Java, mulai dari panorama gunung, hutan, bukit, danau dan wisata pantai bisa anda temui di Banyuwangi. Selain itu kota Banyuwangi juga sebagai lintasan penyeberangan dari Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi, menuju Pelabuhan Gilimanuk, Bali dengan waktu tempuh perjalanan penyeberangan kurang lebih sekitar 45 menit. Apa saja yang harus di siapkan sebelum memulai perjalanan ke Banyuwangi? Berikut Mevrouw Wortel bagikan tips perjalanan wisata ke kota The Sunrise of Java, di Banyuwangi Jawa Timur:

1. Pilih waktu dan tanggal liburan yang tepat

Pastikan liburan tidak terganggu dengan jadwal pekerjaan, karena jika tidak itu akan menjadi boomerang bagi anda saat liburan karena waktu cuti yang sempit, maka Alokasiwaktu atau cuti yang tepat sangat penting sebelum anda memutuskan untuk pergi  berlibur. Jadwalkan liburan anda diluar hari sabtu-minggu karena harga tiket masuk beberapa destinasi dan tempat penginapan sedikit berbeda di hari weekend, hal ini untuk memperkecil pengeluaran anda. Bagi anda yang bertempat tinggal tidak jauh dari kota Banyuwangi tentu anda bisa mengambil waktu weekend sabtu-minggu untuk explore destinasi wisata di Banyuwangi.

10 Tips Perjalanan Wisata Seru Ke Banyuwangi Destinasi Hits dan Low Budget 2022 - Pilih waktu dan tanggal libur yang tepat
images take from pixabay – copyright Alexa

Tentukan dimana saja destinasi wisata yang akan dikunjungi. Pilihan destinasi wisata Banyuwangi yang utama ada Kawah Ijen, Pulau Merah, Teluk Ijo, Tabuhan, dan Baluran. Sebaiknya pilih dua destinasi wisata saja yang akan dikunjungi selama liburan dari daftar tersebut untuk menghemat budget.

2. Referensi pengalaman backpacking dari orang lain

10 Tips Perjalanan Wisata Seru Ke Banyuwangi Destinasi Hits dan Low Budget 2022 - referensi pengalaman backpacking dari orang lain
images take from Pinterest – copyright @MylestoTravel

Sudah kah anda menentukan waktu yang tepat untuk berlibur? Baik pada tips lainnya, setelah anda sudah melakukan alokasi waktu yang tepat. Carilah beberapa referensi pengalaman backpacking atau perjalanan orang lain yang bisa membantu melihat seperti apa liburan hemat di tempat tujuan anda, dan seharusnya bisa mendapatkan gambaran tentang biaya, akomodasi, cuaca atau iklim dan lokasi atau tempat wisata hits yang bisa anda kunjungi. Tentunya ini akan sedikit memudahkan dalam pengambilan keputusan untuk perjalanan wisata seru anda. Sedia payung sebelum hujan ya sobat Mevrouw Wortel.

3. Tentukan Anggaran dan disiplin

Trip Banyuwangi akan terasa mudah dan murah jika anda bisa disiplin budget, tidak sedikit tempat yang tidak dapat dikunjungi dengan anggaran rendah tetapi juga ada hal-hal atau destinasi wisata gratis untuk dilakukan disetiap tujuan. Tentu disetiap perjalanan tidak sedikit anda akan mengeluarkan sekedar biaya retribusi parkir atau pemeliharaan, jadi anda hanya perlu mengatur ekspektasi anda tentang berapa banyak list perjalanan bisa lakukan disana atau seberapa sering anda bisa makan di restoran. Setelah Anda merencanakan anggaran tersebut, cobalah untuk tidak mengeluarkan uang terlalu banyak atau bisa dikatakan disiplin budget, apa saja?

Tips perjalanan wisata Banyuwangi

10 Tips Perjalanan Wisata Seru Ke Banyuwangi Destinasi Hits dan Low Budget 2022 - tentukan anggaran dan disiplin
images take from Pinterest – copyright @wanderlustingk
  1. Carilah tempat makan sederhana street food yang bisa diandalkan, mungkin anda bisa mendapatkan porsi makan yang akan memberikan cukup energi, untuk perjalanan selanjutnya dengan harga yang lebih murah dibandingkan restoran.
  2. Tentukan biaya penginapan yang nyaman dan murah, akan mempengaruhi mood selama liburan. Penginapan yang murah dengan konsep yang bagus dan ramah bisa anda dapatkan disekitar tempat wisata di Banyuwangi, bahkan sebelum melakukan perjalanan ada baik nya anda bisa melihat-lihat di aplikasi online.
  3. Tetap berhemat dengan budget yang pas-pasan itu penting tapi jangan biarkan perut anda kosong karena memikirkan budget trip. Solusi anggaran terbatas adalah anda bisa membawa beberapa bahan masak dari rumah, atau berbelanja di supermarket, warung sayur bahkan pasar dan memasak sendiri. Sebagian besar homestay memiliki fasilitas dapur yang tersedia untuk digunakan semua orang.
  4. Terpenting lainnya bepergian dengan anggaran terbatas adalah memastikan bahwa anda membawa semua yang dibutuhkan, tidak melupakan apa pun! Jika melupakan sesuatu, itu akan menghabiskan banyak uang untuk membeli barang penting yang hilang ataupun tertinggal saat anda berada diperjalanan wisata.

4. Memilih Akomodasi dan Transportasi yang tepat

Mempersiapkan Akomodasi sebelum melakukan perjalanan merupakan hal yang terpenting, seperti penginapan dan transportasi yang akan digunakan. Penginapan yang nyaman akan mempengaruhi suasana hati anda, setelah melakukan perjalanan jauh biarkan tubuh anda mendapatkan tempat yang cukup nyaman tapi juga tidak menguras isi kantong anda. Banyak penginapan seperti asrama, wisma, dan homestay dengan harga murah yang bisa didapatkan sekitar tempat wisata tujuan anda. Tidak ada salahnya untuk mempersiapkan hal tersebut dengan mencari informasi penginapan di aplikasi super app sehingga mempermudah anda ketika telah tiba ditempat tujuan. Lainnya adalah transportasi yang akan digunakan, ada dua kemungkinan membawa kendaraan sendiri atau memilih transportasi umum. Jika anda terpikir untuk membawa kendaaraan sendiri, selain memudahkan selama berada di Banyuwangi, biaya yang dikeluarkan untuk transportasi akan lebih murah, hal ini di rekomendasikan bagi anda yang berada tinggal tidak jauh dari kota Banyuwang.

Tips perjalanan wisata Banyuwangi

Kesehatan fisik dan kondisi mobil yang prima harus diperhatikan sebelum memutuskan pilihan ini, hal lainnya biaya tol dan bensin kendaraan juga perlu diperhitungkan secara matang. Bagi anda yang bertempat tinggal jauh seperti Jakarta ada baiknya untuk menggunakan transportasi umum seperti kereta, pesawat ataupun bus. Pilihlah yang paling sesuai dengan budget anda. Ketika tiba di Banyuwangi anda bisa menggunakan jasa rental mobil atau motor yang bisa anda cari di situs web perjalanan atau pun sosial media seperti facebook dan Instagram salah satunya @banyuwangirentalmotor yang menawarkan sewa motor dengan kisaran sebesar Rp 75.000/hari. Untuk sewa mobil seperti avanza adalah mulai dari Rp 500.000/hari dan pilihan paket tour lainnya yang paling sesuai dengan budget, anda bisa melihat-lihat di www.welasasihtour.com.

10 Tips Perjalanan Wisata Seru Ke Banyuwangi Destinasi Hits dan Low Budget 2022 - memilih akomodasi dan transportasi yang tepat
images take from Pinterest – copyright designvintage.vn

Jika dirasa tempat wisata yang anda akan datangi tidak begitu jauh dari kedatangan anda coba lah untuk menggunakan angkutan umum daerah atau angkot dan selebihnya menikmati perjalanan sambil berjalan kaki termasuk bentuk transportasi termurah dan merupakan cara terbaik untuk menemukan daerah baru. Menyewa motor atau mobil seringkali murah jika anda perlu pergi sedikit lebih jauh. Selain itu berjalan kaki adalah cara yang bagus untuk tetap bugar saat anda bepergian. Hindari taksi dan transportasi online untuk jarak yang jauh jika anda bepergian dengan anggaran terbatas, mereka sejauh ini merupakan bentuk transportasi yang paling mahal. Dengan sedikit perencanaan, hampir selalu ada alternatif  bus atau kereta yang jauh lebih murah.

5. Mencari partner perjalanan untuk memperkecil biaya

10 Tips Perjalanan Wisata Seru Ke Banyuwangi Destinasi Hits dan Low Budget 2022 - mencari partner perjalanan
images take from Pinterest – copyright @tiara

Banyak yang bisa dilakukan bersama teman, apalagi jika anda pergi dengan jumlah yang cukup banyak tentu bisa menekan biaya seperti transportasi dan penginapan. Jika tempat tujuan wisata anda jauh, menyewa sebuah kendaraan mobil seperti avanza atau xenia yang bisa diisi hingga 6-7 orang dari harga Rp 500.000/ per hari berarti per orang mengeluarkan biaya Rp 70.000-85.000/per hari bisa memperkecil biaya. Sementara untuk penginapan bisa anda lihat di aplikasi super app yang menyediakan homestay atau asrama murah yang nyaman untuk sekedar melepas lelah dalam perjalanan, banyak benefit lain bila liburan bersama teman. Selain menghemat budget, liburan anada tidak akan terasa sepi, dengan mengajak teman tentu keseruannya bertambah dan banyak hal yang berkesan lainnya yang akan anda dapatkan.

6. Tujuan wisata, manajemen waktu dan Internet yang stabil

Pastikan semua yang diperlukan sudah dibawa, kondisi fisik yang prima, keuangan yang memadai, akomodasi dan tujuan perjalanan tersusun dengan baik seperti destinasi wisata apa saja yang akan anda kunjungi nanti. Destinasi wisata Pegunungan, hutan, hingga pantai bisa anda temui di Banyuwangi, pilihan wisata yang bisa anda jadikan itinerary antara lain Taman Nasional Meru Betiri yang di dalam terdapat banyak flora dan fauna serta pantai-pantai cantik yang ada didalam nya, Kawah ijen, taman nasional Alas Purwo, Pulau Merah, Pantai Plengkung, dan masih banyak lagi. Jika anda tertarik untuk mengunjungi destinasi pantai di Banyuwangi simak artikel:

images taken from Pinterest – copyright bulletcomideias.tumblr.com

Tips perjalanan wisata Banyuwangi

Tentukan dimana saja destinasi wisata yang akan dikunjungi, Sebaiknya pilih destinasi wisata yang berada tidak jauh dari tujuan destinasi pertama dan kedua, hal tersebut akan memudahkan anda selain itu dapat menghemat budget. Rencana perjalanan anda akan menentukan keberhasilan liburan anda, jadi pastikan semua tersusun dengan rapih jangan biarkan waktu anda terbuang sia-sia karena tanpa ada rencana yang matang. Untuk mendukung perjalanan anda perlu mempersiapkan jaringan internet yang kecang atau stabil, powerbank, kabel charger, karena itu akan memudahkan anda untuk melihat google maps, atau aplikasi lain yang dapat membantu. Selain itu gadget juga diperlukan untuk memotret moment tak terlupakan selama perjalanan wisata anda.

7. Cari hal-hal gratis yang dapat dilakukan ditempat tujuan dan penting nya membawa botol air minum

images taken from Pinterest – copyright @widyahalim

Tips perjalanan wisata terbaik dengan anggaran terbatas adalah mencari hal-hal gratis untuk dilakukan ke mana pun anda pergi khususnya jika anda ingin berkunjung ke Banyuwangi. Bisa jadi museum tertentu  anda datangi tanpa tiket masuk atau gratis selain menikmati pesona alam daerah tersebut anda juga bisa mengenal lebih jauh tentang daerah yang anda datangi atau jika beruntung bisa menyaksikan acara lokal. Hal terpenting lainnya adalah membawa barang yang dapat digunakan kembali. Membawa botol air sendiri berarti anda dapat mengisinya secara gratis dari lokasi tempat makan, tempat ibadah yang menyediakan minum gratis, penginapan atau asrama tempat anda bermalam bisa anda siapkan untuk perbekalan dijalan. Tidak hanya memiliki botol air yang dapat digunakan kembali dan menghemat uang anda, tetapi juga membantu lingkungan!

8. Banyak bertanya dan dapatkan rekomendasi dari penduduk setempat

images taken from Pinterest – copyright http://goindonesiatours.com

Bicaralah dengan seseorang dari daerah tersebut (mungkin seseorang di sekitar penginapan atau homestay) dan temukan hotspot favorit mereka, informasi lebih yang tidak anda dapatkan di internet seperti panduan jalan, transportasi umum, rekomendasi destinasi wisata yang menarik jarang diketahui, tempat makan favorit dan murah. Selain itu terdapat beberapa aturan atau larangan yang ditetapkan, jadi tetaplah berhati-hati dan selalu menghormati setiap aturan yang berlaku ditempat yang anda kunjungi. Hal tersebut bisa didapatkan ketika anda mencoba membuka diri untuk bersosialisasi bersama penduduk lokal setempat, mereka bisa berbagi secara gratis dan dapatkan teman baru di tempat tujuan anda.

9. Mendapatkan uang dari liburan

images taken from Pinterest – copyright @reisdoc

Cara cerdas untuk menghemat uang anda saat bepergian adalah menghasilkan uang sambil berlibur. Banyak hostel menawarkan akomodasi gratis atau dengan tarif lebih rendah jika anda melakukan beberapa promosi. Bekerja remote, beberapa skill bisa diandalkan untuk mendapatkan uang sambil melakukan perjalanan wisata misalnya, programming, IU/UX, copywriting, photography, digital marketing, graphic design, proofreading, dan masih banyak lagi yang bisa anda pelajari sebelum anda berniat untuk melakukan liburan kerja.

10. Skill tawar-menawar dan dapatkan oleh-oleh murah

images taken from Pinterest – copyright @glubbs

Harga sering di-markup atau dinaikan bagi pengunjung luar daerah tersebut, hal ini akan membuat pengeluran anda menjadi boros, semisalnya membeli sebuah oleh-oleh. Jadi gunakan keterampilan bernegosiasi anda dengan baik dan lihat apakah anda bisa mendapatkan diskon!

Tips perjalanan wisata Banyuwangi

Semoga penjelasan mengenai tips perjalanan wisata diatas dapat bermanfaat bagi anda yang akan berlibur, khususnya ke kota dengan julukan The Sunrise of Java Banyuwangi.

Mevrouwwortel

Hai Mevrouw Wortel hadir memberikan informasi menarik tentang destinasi wisata, tips perjalanan, dan informasi menarik lainnya

6 thoughts on “Tips Perjalanan Wisata Seru ke Banyuwangi: Destinasi Hits dan Low Budget 2022

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *